Rabu, 09 November 2011

MANFAAT DAUN SUJI DAN DAUN PANDAN



Sumber artikel ini saya ambil dari internet,mudah-mudahan tidak ada yang merasa keberatan dan dirugikan dengan pencomotan artikel ini.

Okelangsung aja sayaakan menuliskan beberapa manfaat atas daun Suji dan Pandan yang biasa di gunakan untuk pewarna dan pewangi makanan tradisional seperti cendol,kue dan lain-lain.

Manfaat daun sjuji

SINONIM :
Nama Latin : Pleomele angustifolia N.E Brown
Nama Daerah : Daun suji, sujen atau pendusta utan

KLASIFIKASI :
Bangsa : Liliales
Suku : Liliacae
Marga : Pleomele
Jenis : Pleomele angustifolia N.E Brown

Sakit yang bisa disembuhkan dengan daun ini:
Kencing Nanah,Disentri dan Beri-beri,nyeri lambung dan nyeri haid dan juga bisa digunakan untuk penawar racun.




DAUN PANDAN


Pandan wangi (Pandanus ammaryllifolius)
Kandungan kimia daun pandan adalah alkaloid, saponin, flavoida, tanin dan polifenol. ini membuat daun pandan mampu untuk mengatasi beberapa masalah berikut:

masalah berikut:

1. Panu

Tumbuk segenggam daun pandan. Ambil airnya dan campur dengan sedikit garam. Minum sehari sekali dan lakukan tiga hari berturut-turut.

2. Darah tinggi

Ambil daun pandan secukupnya, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 1/2 gelas di pagi hari dan 1/2 gelasnya di sore hari. Perlahan-lahan tekanan darah akan normal.

3. Penambah nafsu makan

Potong kecil-kecil 10 gram daun pandan wangi segar. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit hingga tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari.

4. Lemah saraf

Cuci 3 lembar daun pandan, potong kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring kemudian minum pagi dan sore (masing-masing 1 gelas).

5. Rematik dan pegal linu

Cuci 3 lembar daun pandan, iris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk hingga merata. Setelah dingin, gosokkan pada bagian yang sakit.

6. Menghilangkan ketombe

Tumbuk 10 lembar daun pandan sampai halus. Tambahkan 2 gelas air, saring dan usapkan pada rambut yang sebelumnya sudah dikeramas. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

7. Gelisah

Cuci 2 lembar daun, iris tipis dan seduh dengan 1/2 gelas air panas. Setelah dingin, minum sekaligus. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari hingga terasa tenang.

8. Rambut rontok

Buat jus daun pandan. Oleskan pada akar rambut di pagi hari 1-2 jam. Kemudian bilas.

Apakah Anda mempunyai keluhan di atas? Tak ada salahnya untuk mencoba bukan! Daun pandan wangi pun mudah kita dapatkan di pasar tradisional maupun supermarket!

Tidak ada salahnya juga untuk menjadikan daun pandan wangi sebagai pelengkap halaman kita. Namun saya sarankan, bila menanam pandan wangi saat musim hujan saja. Karena ketika musim kemarau, meski kita rajin menyiram kerap mati. Ini terkait struktur akarnya yang butuh kelembapan yang tinggi ketika awal penanaman. Namun jika sudah hidup, pandan wangi akan lebih tahan, apalagi kalau sudah beranak pinak!!!

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1967118-daun-pandan-serba-guna/

Sumber gambar: mistahduatujuh-blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar